BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan
manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan
teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia
menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun secara tidak
langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi
Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran,
mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft
Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar. Program
aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta
mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel. Dalam Microsot Office Excel
banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan
tersendiri.
B.
Perumusan
Masalah
Dengan melihat latar belakang yang telah dikemukakan maka ada beberapa
masalah yang akan penulis rumuskan dan akan dibahas dalam makalah ini.
1) Apa
itu Microsoft excel
2) Apa
saja fitur didalamnya
3) Bagaimana
cara mengoprasikan excel
4) Contoh
penerapan excel dalam bisnis
5) Kelebihan
dan kekurangan excel
C.
Tujuan
Penulisan makalah ini dilakukan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang
diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah ilmu pengetahuan dan
wawasan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengenalan
Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi
lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini
memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan
strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai
salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro
hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet
paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows
maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada
tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System.
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara
otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan
grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu
untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang
paling sederhana
sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan
menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh
permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data
dengan menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi
matematis ataupun logika pada sebuah laporan..
B.
Menjalankan
Microsoft Excel :
ada
beberapa tahapan-tahapan yang harus ikuti sebagai berikut ini:
- Langkah pertama untuk membuka Ms. Excel ini adalah klik
start terlebih dahulu lalu pilih opsi program.
- Cari Microsoft office
- Pilih Microsoft excel
- Tunggu sampai beberapa saat hingga terdapat tampilan
kerja spreadsheet Microsoft Excel.
- Setelah terbuka, sebelum tutorial Microsoft Excel ini
dibahas lebih lanjut maka perlu mengetahui semua lingkungan kerja yang
terdapat pada aplikasi ini, seperti di bawah ini :
Tampilan
awal Microsoft Excel
- Judul window: biasanya
terletak dibagian paling atas yang menampilkan sebuah tulisan berupa nama workbook
dan Microsoft Excel.
- Office button: berfungsi
untuk menggantikan sebuah menu File yang terletak di bagian atas
pojok kiri. Pada bagian ini terdapat perintah berupa Save, Print dan
Open. Ada lagi perintah baru lainnya seperti Inspect Document
dan Finish Publish.
- Tab sistem menu: berupa
menu system sebagai sarana komunikasi antara excel dan penggunanya.
- Ribbon: berupa perintah
submenu yang berasal dari tab sistem menu.
- Penggulung sheet:
berfungsi melihat worksheet yang tak terlihat pada bagian layar.
Pada Excel sendiri terdapat 2 penggulung sheet, yaitu vertikal dan
horizontal.
- Baris Formula: baris
formula atau formula bar menyediakan 3 menu informasi, seperti name
box yang terletak pada bagian paling kiri berupa informasi mengenai
nama dari range atau sel, tandan “=” bisa digunakan dalam memperbaiki
rumus, informasi paling kanan berupa isi.
- Judul kolom: berupa nama kolom.
- Nomor baris: mulai dari angka 1 hingga 65536 baris.
- Baris status: berupa
informasi yang berkaitan dengan aktivitas yang berlangsung dari Ms. Excel
atau status dari keyboard.
- Tab sheet: Ms. Excel
sendiri menyajikan 3 sheet. Sheet umumnya disebut sebagai worksheet,
sementara workbook sendiri berupa kumpulan
- Penunjuk Sel: berupa
petunjuk aktivitas yang dilakukan Ms. Excel.
- Workbook sendiri terdiri
dari cara membuat buku kerja, menyimpan buku kerja dan menutup buku kerja.
- Keluar dari lembar kerja Ms. Excel.
Excel
terakhir adalah cara keluar dari lembar kerja Ms. Excel., disini bisa memakai Office
Button lalu pilih ikon Close dengan menekan tanda silang di bagian
atas layar kanan. Apabila workbook belum disimpan, maka bisa menyimpannya
melalui Office Button dan klik save.
C.
Bekerja
dengan Microsoft Excel
a)
Cara Menulis Rumus Excel
Sebelum
mengenal rumus-rumus excel, hal pertama yang perlu ketahui adalah bagaimana
menuliskan rumus excel yang benar. Setiap kali memaksukan rumus didalam excel
harus memasukan tanda sama dengan (=) diawal rumus pada tempat rumus
Cara 1: Menulis rumus dengan
mengetikkan angka langsung. Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus
akan ditampilkan
Pada formula bar, ketikkan = 5000
+ 3000, lalu tekan tombol enter.
Cara 2: Menulis rumus dengan
menggunakan alamat sel. Contoh Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil
rumus ditampilkan Pada formula bar,
ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Cara 3: Menulis rumus dengan
bantuan mouse. Contoh letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan
ditampilkan, ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4 Ketik +, kemudian
pilih dan klik sel C5, Tekan tombol enter
Tidak
hanya penjumlahan yang bisa dioperasikan dalam Excel, disini juga bisa menggunakan
operator (rumus dasar) yang lain seperti
- (pengurangan)
* (perkalian)
/ (pembagian)
^ (perpangkatan)
% (persen)
b)
Fungsi-fungsi
dalam Microsoft Excel
Setelah
mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai menggunakan aplikasi excel
sekarang akan dibahas rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja atau
administrasi perkantoran.
1. Fungsi
Average
Fungsi ini
digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk
umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1, number2,…),
dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari
nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data E8
sampai G8, maka rumusnya adalah =AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
2. Fungsi
Sum
Fungsi SUM
digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum
penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…). Dimana number1, number2
dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk
menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8) kemudian
tekan tombol Enter.
3. Fungsi
Max
Fungsi ini digunakan untuk
mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya
adalah ;
=MAX(number1, number2,…), dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari
nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8
sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
4. Fungsi
Min
Fungsi Min
adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi
atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari
sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MIN(number1, number2,…), dimana
number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari
nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data
E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
5. Fungsi
Count
Fungsi Count
digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang kita pilih. Bentuk
umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1, number2,…),
dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan
dihitung jumlah datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range
data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol
Enter.
6. Fungsi
Logika IF
Fungsi ini
digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya, jika
nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0. Biasanya
fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang Fungsi
(=) Sama dengan
(<) Lebih kecil dari
(>) Lebih besar dari
(<=) Lebih kecil atau sama dengan
(>= ) Lebih besar atau sama dengan
(<>) Tidak sama dengan
D.
Peranan
Pengolahan Data dalam Dunia Usaha (Bisnis)
Pengolahan data
ini menjadi sangat penting dalam bisnis, mengingat peran dan.kontribusinya
dalam tiga aspek dari bisnis, yaitu:
•Pengambilan Keputusan
Dalam
pengambilan keputusan, pengolahan data mampu memberikan pertimbangan yang logis
berdasarkan fakta (data-data) yang ada.
•Perencanaan
Perencanaan
merupakan dasar dari setiap keputusan dan tindakan yang dilakukan bagian
operasional dalam suatu perusahaan. Berkenaan dengan rencana yang akan dibuat,
perencana yang baik harus mampu memperhitungkan segala kemungkinan yang akan
terjadi di masa yang akan datang. Untuk keperluan tersebut pengolahan data
mempunyai peranan yang sangat besar. Telah banyak metode peramalan yang telah
dikembangkan yang mampu menganalisis data masa lalu untuk memprediksi data yang
akan datang sehingga perencanaan yang kita lakukan dapat lebih terarah dan
berhasil guna.
•Peluang Bisnis
Perkembangan
teknologi yang semakin canggih dewasa ini, mengakibatkan arus informasi semakin
cepat dan tidak lagi mengenal batas teritorial sehingga ketergantungan waktu
dan tempat dapat diperpendek. Perkembangan ini sangat menguntungkan terhadap
ketersediaan informasi yang lebih akurat. Dengan pengolahan data ketersediaan
data yang cepat dan akurat dapat dianalisis dan diterjemahkan ke dalam
informasi yang lebih bermanfaat sehingga peluang bisnis yang ada dapat dengan
cepat diketahui dan ditindak lanjuti
E.
Contoh
penerapan Excel dalam bisnis:
Suatu
perusahaan manufaktur memproduksi plastic-molded
components yang digunakan untuk keyboard
komputer, mesin cuci, automobil, perangkat televisi, dll.Kemudian, dari hasil
pengumpulan data, didapati terdapat 6.324 keyboard komputer (yang menggunakan
plalstic-molded tersebut) dengan kerusakan-kerusakan (defects) sebagai berikut:
Tabel 1.1
defect
|
frequency
|
Blackspot
|
413
|
damage
|
1039
|
jetting
|
258
|
pin mark
|
834
|
scratches
|
442
|
short mold
|
275
|
silver streak
|
413
|
sink mark
|
371
|
spray mark
|
292
|
warpage
|
1987
|
Selanjutnya, data diatas diolah
dengan menggunakan Excel sehingga menghasilkan Tabel
defect
|
frequency
|
percentage
|
cumulative pct
|
warpage
|
1987
|
31.41999
|
31.41999
|
damage
|
1039
|
16.42948
|
47.84946
|
pin mark
|
834
|
13.18786
|
61.03732
|
scratches
|
442
|
6.989247
|
68.02657
|
black spot
|
413
|
6.530677
|
74.55724
|
silver streak
|
413
|
6.530677
|
81.08792
|
sink mark
|
371
|
5.86654
|
86.95446
|
spray mark
|
292
|
4.617331
|
91.57179
|
short mold
|
275
|
4.348514
|
95.9203
|
jetting
|
258
|
4.079696
|
100
|
Dan setelah mendapatkan Tabel
1.2, dengan tetap menggunakan Excel, data tersebut diolah menjadi sebuah
grafik, dalam hal ini menjadi diagram Pareto.
Dengan
pengolahan data diatas, kemudian decision makers dapat menentukan dimana
perusahaan akan berkonsentrasi pada jangka pendek perusahaan ini dalam
perbaikan proses produksinya guna menghasilkan plastic-molded yang lebih baik lagi. Berdasarkan diagram
hasil pengolahan Excel, para pembuat keputusan akan dapat dengan mudah menemukan dimana perusahaan terlebih
dahulu berkonsentrasi dalam perbaikan proses produksi. Seperti yang dapat
dilihat, kerusakan-kerusakan berupa warpage,damage, pinmark menduduki tiga teratas berdasarkan frekuensi
terjadinya kerusakan.
F. Kelebihan Microsoft Excel ( 2007 )
Excel 2007
hadir dengan tambahan berbagai
fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Beberapa
kelebihan dapat dilihat dibawah ini:
- Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai
dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256
kolom. Serta baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai
dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
- Pada Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007,
jumlah sel mencapai 17 miliar.
- Memori yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas
maksimal yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
- Jumlah warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar,
sebelumnya hanya 56.
- Jumlah kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru
ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
- Jumlah level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai
64 level, bandingan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
- Jumlah daftar pada menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai
10.000, sebelumnya hanya 1.000.
- Maksimal jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai
8.000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.
- Jumlah maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan
sampai 255 argumen, sebelumnya hanya 30 argumen.
- Maksimal jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai
2 Milyar, sebelumnya hanya 64.000.
- Jumlah baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai
1 Juta baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
- Jumlah field pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
- Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian
besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau
format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa
konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
- Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol
identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar
sheet atau antar file excel.
- Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel
summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum
masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga
tabel akan terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago
membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
G. Kekurangan Microsoft Excel
Kelemahan
tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk menjaga kualitas pengolahan
data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
- Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom pertanyaan
menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang, banyak
orang belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang stack atau berjajar.
Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing
pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah
kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan
menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping
atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
- Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap
editing/updating data, maka secara default excel akan melakukan proses
Workbook Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram
komputer. Ini cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa
dipecahkan dengan mematikan proses calculating otomatis menjadi
Calculating Manual artinya calculating akan dilakukan setiap kita akan
save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan resiko
jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa
kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel Options >
Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate Workbook before
saving
- Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah
kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus
membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak
orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan
mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan
Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila
di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007.
Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa
membuat sebuah grafikdataotomatis.
B.
Saran
Makalah Microsoft Excel dan bisnis ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan,
masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap,
segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah
selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
·
http://martogifrans.blogspot.com/2013/01/makalah-msexcel-sebagai-pengolah-angka.html
·
http://yhandu.blogspot.com/2012/10/makalah-ms-excel.html
·
http://tugaskkpihajisanjaya.blogspot.com/2013/03/makalah-microsoft-excel-ms-excel.html
·
http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office
·
http://mekalfinblog.blogspot.com/2012/07/fungsi-dan-manfaat-microsoft-excel.html
·
Statistics for Managers Using Microsoft® Excel,
5th
·
Ed, Levine, Stephan,Krehbiel, Berenson. Pearson
Prentice Hall, 2008.http://id.wikipedia.org/www.kompas.comhttp://www.tricom.co.id/
·
Andi, Madcoms Kupas Tuntas Microsof Excel 2013,
CV ANDI OFFSET Yogyakarta
·
http://belajarexcelmudah.blogspot.co.id/2014/08/rumus-microsoft-excel-lengkap-dengan-contoh.html
0 komentar:
Posting Komentar